English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 04 Juli 2011

Shalat Sunnah Tasbih

Shalat Sunnah Tasbih atau Shalat Tasbih adalah shalat yang menurut kebanyakan ulama hanya diajarkan Rasulullah SAW kepada pamannya yakni sayyidina Abbas bin Abdul Muthallib.

Derajat hadits shalat tasbih adalah shahih li ghairihi, sehingga dapat diamalkan. Adapun para ulama yang mendha'ifkannya atau menyatakan bahwa hadits shalat tasbih adalah palsu, karena tidak mendapatkan hadits yang kuat sanadnya.

Bagi kalangan ulama yang menganjurkannya, shalat tasbih hendaknya dilakukan setiap hari, atau kalau tidak bisa satu minggu sekali, atau satu bulan sekali, kalau masih belum bisa maka dilakukan satu tahun sekali atau paling tidak sekali seumur hidup.
Bilangan Rakaat Shalat Tasbih

a) Apabila dikerjakan pada siang hari hendaklah dikerjakan dalam 4 rakaat dengan satu salam. 
b) Apabila dikerjakan pada malam hari hendaknya dikerjakan dalam 4 rekaat dengan dua kali salam. 
Dinamakan Shalat Tasbih karena di dalam mengerjakan shalat sunnah ini membaca tasbih sebanyak 300 kali dalam 4 rakaat. cara melakukan shalat tasbih adalah sebagai berikut : 
1) Niat Shalat Tasbih 
Ushalli sunnatat Tasbihi rakataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala. 
Dalam bahasa Indonesia
Saya niat Shalat Sunnat Tasbih dua raka'at Karena Allah

2) Setelah membaca Surah Al Faatihah dilanjutkan dengan membaca Tasbih 15 kali yaitu : 
Subhaanallah wal hamdu lillah walaa ilaa ha illallah wallaahu akbar wala haula wala quwwata illa billahil 'aliyyil 'adhiim. (dibaca sebanyak 15 kali)
3). Kemudian Ruku' dan setelah membaca tasbih ruku' lalau membaca tasbih seperti diatas 10 kali. 
4) Kemudian i'tidal dan sesudah membaca tahmid i'tidal dilanjutkan membaca tasbih seperti diatas 10 kali.
5). Kemudian Sujud, dan setelah membaca tasbih sujud dilanjutkan membaca tasbih seperti diatas 10 kali. 
6). Kemudian duduk diantara dua sujud dan setelah membaca do'a dilanjutkan membaca tasbih seperti diatas. 10 kali. 
7. kemudian sujud yang kedua dan setelah selesai membaca tasbih 10 kali, Sebelum berdiri dari sujud untuk melaksanakan raka'at kedua hendaknya "duduk istirahat" sambil membaca tasbih seperti diatas sebanyak 10 kali.

Demikianlah shalat tasbih dikerjakan pada raka'at pertama dan raka'at selanjutnya yang bilamana kita hitung semua bacaan tasbih berjumlah 300 kali. (masing masing rakaat membaca tasbih sebanyak 75 kali. = 75 x 4 = 300) 
No. Waktu Jml. Tasbih
1 Setelah pembacaan surat al fatihah dan surat pendek saat berdiri 15 kali
2 Setelah tasbih ruku' (Subhana rabiyyal adzim...) 10 Kali
3 Setelah I'tidal 10 Kali
4 Setelah tasbih sujud pertama (Subhana rabiyyal a'la...) 10 Kali
5 Setelah duduk diantara dua sujud 10 Kali
6 Setelah tasbih sujud kedua (Subhana rabiyyal a'la...) 10 Kali
7 Setelah duduk istirahat sebelum berdiri (atau sebelum salam tergantung pada raka'at keberapa) 10 Kali

Jumlah total satu raka'at 75

Jumlah total empat raka'at 4 X 75
= 300 kali
Seumpama kita lupa membaca tasbih pada salah satu rukun shalat maka boleh diganti pada rakaat selanjutnya, supaya jumlah bacaan tasbih tetap 300 kali.

Pendapat mengenai shalat tasbih ini dikemukakan oleh sebagian ulama penganut Mazhab Syafi'i. Hadits Rasulullah SAW kepada pamannya Abbas bin Abdul Muthallib yang berbunyi:

"Wahai Abbas pamanku, Aku ingin memberikan padamu, aku benar-benar mencintaimu, aku ingin engkau melakukan -sepuluh sifat- jika engkau melakukannya Allah akan mengampuni dosamu, baik yang pertama dan terakhir, yang terdahulu dan yang baru, yang tidak sengaja maupun yang disengaja, yang kecil maupun yang besar, yang tersembunyi maupun yang terang-terangan. Sepuluh sifat adalah: Engkau melaksankan salat empat rakaat; engkau baca dalam setiap rakaat Al-Fatihah dan surat, apabila engkau selesai membacanya di rakaat pertama dan engkau masih berdiri, mka ucapkanlah: Subhanallah Walhamdulillah Walaa Ilaaha Ilallah Wallahu Akbar 15 kali, Kemudian ruku'lah dan bacalah do'a tersebut 10 kali ketika sedang ruku, kemudian sujudlah dan bacalah do'a tersebut 10 kali ketika sujud, kemudian bangkitlah dari sujud dan bacalah 10 kali kemudian sujudlah dan bacalah 10 kali kemudian bangkitlah dari sujud dan bacalah 10 kali. Itulah 75 kali dalam setiap rakaat, dan lakukanlah hal tersebut pada empat rakaat. Jika engkau sanggup untuk melakukannya satu kali dalam setiap hari, maka lakukanlah, jika tidak, maka lakukanlah satu kali seminggu, jika tidak maka lakukanlah sebulan sekali, jika tidak maka lakukanlah sekali dalam setahun dan jika tidak maka lakukanlah sekali dalam seumur hidupmu" (HR Abu Daud)
 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Kritik dan Saran Anda